Langkah ke 8 Sapto Satrio Mulyo Wisata Sejarah di Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor - Teras Leuwisadeng

Wisata Sejarah di Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor

Makam Pilar van Motman adalah salah satu peninggalan bersejarah dari masa kolonial belanda di wilayah Kabupaten Bogor Barat, yang kini menjadi cagar budaya, berlokasi di Kampung Pilar, Ds. Sibanteng, Kec.Leuwisadeng.

Tepatnya berjarak lebih kurang 25 km dari kota Bogor, sementara dari jalan raya Jasinga-Bogor, Sobat harus melewati pemukiman penduduk sekitar 300 meter untuk sampai ke makam tesebut.

Pada awalnya wilayah makam ini luasnya 3.300 m² hingga jalan raya. Dahulu terdapat dua pilar sebagai pintu gerbang. Namun pilar tesebut sudah tergerus oleh padatnya pemukiman yang saat ini dinamakan kampung Pilar. Bangunan Moseleum itu dibangun oleh Meneer Motman dan sengaja dibentuk seperti huruf plus (palang), yang menurut Anthony Holle - arsitek yang membangunnya, merupakan replika dari Gereja Santo Petrus yang berada di kota Roma, Italia.

Mencapai Lokasi dengan Angkutan Umum
Bisa Di Tempuh dengan angkot Cipanas dari arah bubulak menuju Jasinga
melewati Darmaga IPB atau tepat nya Km 24 Bogor

Foto - Istimewa
Sapto Satrio Mulyo : Kembali ke Kearifan Lokal

Sebuah pola kehidupan peninggalan Leluhur kita yang banyak dilupakan. Sejatinya, Kearifan Lokal tidak bertolak belakang dengan Modernisasi, tetapi justru sebagai rel atau pijakan kemana arah Bangsa ini akan berlabuh dengan Sehat

Leuwisadeng yang ber-Kearifan Lokal, pasti lebih maju, Sejahtera Aman Tentram

Bogor Sehat (Sejahtera, Aman dan Tentram)